Larangan untuk menyamakan atau menyerupakan nama-nama & sifat-sifat Allah.

Sifat-sifat Allah tidak boleh disamakan atau diserupakan dengan sifat sifat makhluk, karena hal ini membuat kita cenderung membayangkan bagaimana cara Allah melakukan hal tersebut. Cara Allah tidak kita ketahui sebagaimana dzat Allah tidak kita ketahui. Dengan demikian wajib setiap musllim untuk beriman kepada sifat sifat Allah apa adanya seperti yang tertulis di dalam Al-quran dan sunnah shahihah tanpa menyamakan atau menyerupakannya dengan sifat sifat makhluk.

Sebagimana firman Allah dalam surat Asy syuara (42) ayat 11 :

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan dia, dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha melihat.”

Kita diperintahkan untuk beriman pada Al-quran secara keseluruhan dan mengamalkannya serta mengikuti sunnah rasul Nya. Sebaliknya kita dilarang membuat hal-hal baru dalam agama terutama dalam hal aqidah, sebagaimana sabda rasulullah SAW dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim, Baihaqi, Ibnu Majah dan lain lain dari sahabat Abdullah bin abbas : “Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah kitab Allah dan sebaik baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad SAW (Assunnah), seburuk buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan dalam agama dan setiap yang diada-adakan dalam agama adalah sesat dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.”

Maka dari itu setiap mukmin harus waspada dari setiap perkataan orang orang yang mengatakan dirinya ahli kalam yang mentawil dan mentafwid nash-nash Al Quran dan hadits tentang sifat Allah, baik dari golongan Mutazilah, Asyairoh dan Maturidiyyah. Salah satu ini contoh ajaran aqidah mereka yang ditulis dalam kitab Jauhar Tauhid : “semua nash (tentang sifat sifat) yang membayangkan serupa (dengan sifat sifat makhluk). Maka tawillah atau tafwidlah dan buanglah untuk mensucikan (Allah).”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s