Astaghfirullah…

“Dan Sesungguhnya Telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (Az Zumar: 65)

Membaca ayat ini dengan seksama, sebenarnya membuatku ngeri. Bayangkan, amal-amal ibadah kita yang telah kita lakukan bertahun-tahun lamanya akan terhapus semua apabila kita mempersekutukan Allah (berbuat syirik). Naudzubillah. Kita harus selalu sadar dalam melakukan ibadah apapun, bahwa amal yang kita lakukan haruslah benar, karena mungkin saja kita terlena akan amalan–amalan kita padahal ternyata yang kita lakukan belum sesuai dengan apa yang seharusnya.

Mempercayai ramalan bintang, menangkal hujan pada ‘orang pintar’, minta kekebalan tubuh, memohon pertolongan pada paranormal/dukun, meletakkan makanan untuk makam/pohon besar, percaya bahwa arwah leluhur akan memberi pertolongan/mudharat. Semua itu harus kita kaji ulang kebenarannya agar amal – amal yang telah kita lakukan seumur hidup ini tidak terhapus. Insya Allah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s