Tauhid Sifat dan Asma Allah

Dalam hal ini ada tiga macam tauhid yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, tauhit sifat dan asma. Tauhid sifat dan asma adalah : menetapkan nama-nama dan sifat-sifat yang Allah tetapkan atas diri-Nya di dalam al qur’an dan dijelaskan oleh rasullah SAW dalam sunnahnya berupa sifat-sifat yang sempurna dan agung serta menafikan sifat-sifat yang dinafikan Allah dan rasul-rasul-Nya.

Di dalam surat al araf ayat 180 :

“Hanya milik allah asmaul husnah, maka bermohonlah kepadanya dengan menyebut asmaul husnah itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyabut nama namanya. Kelak mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Dalam ayat ini memberitakan bahwa nama-Nyalah yang terbaik, tidak boleh ada nama yang lebih bagus dari nama Allah atau bahkan menyamainya. Nama-nama Allah adalah taufiqiyah artinya di dalam memahami nama dan sifat Allah kita wajib berhenti pada berita dari Allah dan rosulnya, tidak boleh mengurangi atau menambahi.

Allah juga mamerintahkan kita untuk meninggalkan orang-orang yang menyimpang nama-nama-Nya. Kita tidak boleh mengikuti mereka karena akan mendapat siksa di akhirat. 

Penyimpangan terhadap allah ada beberapa macam : pertama, memberi nama berhala dengan nama-nama yang seharusnya hanya Allah yang berhak untuk memakainya, seperti al uzzah dari kata ‘al’ yang artinya maha perkasa yang kedua ….bersambung….di buletin bulan depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s