Manhaj Jahmiyyah, Mu’tazilah dan Asyiroh


1. Jahmiyyah ialah golongan orang-orang yang mengingkari nama-nama Allah SWT dan perbuatan-Nya dan mengingkari berita-berita Al Qur’an tentang akhirat seperti melihat allah (ru’yah), titian diatas neraka (sirot), timbangan amal (mizan) dan telaga al kautsar.

Selain itu mereka mengatakan iman itu adalah keyakinan dalam hati dan diucapkan saja, tanpa mencakup amal. Akibat dari aqidah ini, iman para sahabat yang amalnya tidak tertandingi disamakan dengan imannya para pendurhaka yang mudah melawan perintah dan melanggar larangan Allah SWT.

Keyakinan ini dimunculkan oleh para ja’dun bin dirham dari negeri hiran sebelah utara Iran, yang kemudian disyiarkan oleh jahmun bin shofwan dari khurosan. Dengan tersebarnya keyakinan yang merusak iman ini maka timbul reaksi dari para ulama dan umat islam yang membuat jahmun dihukum mati oleh pengadilan pada tahun 198 H. Dari nama jahmun inilah golongan ini disebut jahmiyyah. Para pendiri golongan ini jahdun maupun jahmun semula adalah pakar fitsafat yang kemudian masuk islam karena pengaruh lingkungan, jadi keyakinan jahmiyah ini bersumber dari filsafat shobi’iyah dari persia yang musyrik dan filsafat samawiyah dari hindustan.

2. Mutazilah ialah golongan orang-orang yang menetapkan aqidah dan pokok-pokok agama berdasar logika, akal dan filsafat yang kemudian mereka menamakan dirinya dengan sebutan kalamiyah sedangkan ilmunya disebut ilmu kalam.

Nash Al Qur’an dan hadist yang mereka anggap tidak sesuai dengan akal mereka, di ta’wil, dirubah maknanya kemudian dibuang. Mereka berani membuang sifat-sifat Allah SWT yang diberitakan dalam Alqur’an dengan nash-nashnya yang shaleh dan dalam hadist nabi yang shahih.

Hal ini berbeda jauh dengan Ahlusunnah wal Jama’ah yang menetapkan perkara-perkara aqidah hanya berdasarkan Al Qur’an dan Assunnah saja.

Untuk lebih lanjut bersambung ke edisi berikutnya, selamat membaca…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s