Do’a Nabi Ibrahim AS

​Saudara, paling tidak ada lima kebutuban dasar bagi manusia. Kebutuhan fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan perwujudan diri. Kebutuhan dasar yang pertama bagi manusia adalah terpenuhinya kebutuhan fisiknya cukup pangan, sandang, dan papan. Jangan bicara muluk-muluk soal demokrasi dan idealisme lainnya jika orang sedang lapar. Dakwah yang tepat bagi orang yang sedang lapar, bukan pidato melainkan sembako. Kebutuhan dasar yang kedua adalah terpenuhinya rasa aman. Aman dalam perjalanan, aman dalam pekerjaan, aman dalam rumah karena tidak ada orang yang menjarah hartanya.

Tapi apa yang terjadi di negeri kita ini? Makan, sandang, dan papan tidak lagi murah. Antrean panjang untuk memperoleh sembako murah masih sering terjadi. Sementara rasa aman menjadi sesuatu yang mahal. Di jalan orang tidak aman, dalam angkot kena todong ambil uang di bank atau pakai perhiasan sedikit dijambret. Di mana kita merasakan aman?

Apa yang salah dengan negeri ini? Terkait dengan dua kebutuhan utama itu : rasa aman dan tercukupinya kebutuhan fisik, kita lihat doa nabi Ibrahim alaihissalam di dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 126, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan berikanlah rezki kepada penduduknya dari (berbagai macam) buah-buahan, (yaitu penduduknya) yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” Allah berfirman: “Dan siapa yang kafir maka Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku memaksanya menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s