Definisi dan Dalil Tentang Bahaya Bid’ah

Bismillah. Alhamdulillah wa shalatu wassalamu’ala rasu ah. Amma bandu.

Pembaca yang dirahmati Allah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan umatnya tentang larangan berinovasi dalam agama alias bid’ah. Apa itu bid’ah?

Definisi bi’dah

Menurut bahasa, bid’ah adalah sesuatu yang dibuat-buat tanpa ada contoh sebelumnya. Menurut istilah syariat, bid’ah adalah sesuatu yang dibuat-buat dalam agama tanpa dalil (Mi’yarul Bid’ah hal. 15 karya Muhamad bin Husain Al Jizani).


Dalil-dalil tentang bahaya bid’ah

Berikut ini beberapa dalil tentang bahaya bid’ah yang diambilkan dari Al Qur’an dan hadits yang shahih.

(1) Firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya ini jalanku yang lurus maka ikutilah ia dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan yang lain yang akan menceraikanmu dari jalanNya “(QS. Al An’am : 153)

(2) Firman Allah Ta’ala, “Apakah mereka memiliki sesembahan selain Allah yang menetapkan aturan agama bagi mereka yang tidak diizinkan oleh Allah” (QS. Asy Syura : 21)

(3) Firman Allah Ta’ala, “Ikutilah apa yang diturunkan kepada kalian dari Rabb kalian dan janganlah kalian mengikuti selain Nya sebagai pemimpin” (Qs. Al A’raf : 3)

(4) Firman Allah Ta’ala, “Hendaklah orang orang yang menyalahi perintah Rasul Nya takut akan mendapatkan cobaan atau ditimpa adzab yang pedih” (QS. An Nur : 63)

(5) Sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, “Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim)

(6) sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, “Barangsiapa melakukan suatu yang yang bukan berasal dari kami maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim)

(7) Sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, “Sesungguhnya perkataan terbaik adalah kitabullah dan petunjuk terbaik adalah petunjuk Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s