(Lini – Lini Setan) Tsabr, Setan Penghalang Sabar

Ujian adalah keniscayaan yang selalu ada untuk menguji tingkatan prestasi seorang hamba. Melaluinya, iman seseorang akan dibuktikan. Ada yang sukses menempuh, namun tak sedikit yang gagal menjalani. Salah satu faktor kegagalannya adalah Tsabr, anak buah iblis yang mendatangi orang-orang yang sedang terkena musibah. Dibuatnya orang itu tidak sabar atas apa yang menimpanya. Hingga ia mencela takdir, berprasangka buruk atas keputusan Allah Ta’ala. Mungkin dia berpikir, inikah balasan Allah padahal dirinya telah banyak berbuat baik dan beribadah? Naudzubillah.

Masih banyak lagi jenis setan selain yang nantinya (pada buletin edisi selanjutnya) akan kan sebutkan. ini menunjukkan bahwa Iblis tidak main-main dengan apa yang dulu ia sumpahkan. Sedemikian rapi rencananya untuk menarik sebanyak-banyaknya anak cucu Adam menjadi karib di neraka. Bagi yang tidak awas tentu bahaya telah menanti.

Tentu Islam hadir dengan jalan keluarnya. Ta’awudz, menyibukkan hati dengan dzikir, hingga berwudhu untuk meredam amarah telah Allah ajarkan baik melalui firman-Nya maupun lisan Rasul-Nya. Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang yang terjebak dengan bujuk rayu setan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s