Mengajarkan Putri Kecil Menutup Aurat

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang beriman:” hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka “. (QS. Al Ahzab : 59)
Mengenalkan kepada anak-anak sejak dini terutama perempuan mengenai jilbab, membiasakan kepada mereka mengenakannya setiap kali keluar rumah dan memberi mereka contoh adalah cara termudah bagi orang tua menumbuhkan rasa cinta putrinya mengenakan jilbab. Selain itu ada beberapa cara agar putri anda tidak canggung (saat sudah dewasa) dalam menggunakan jilbab. Bukan untuk apa-apa melainkan karena menutup aurat adalah syariat agama yang mana sebagai orang tua wajib mengamalkan dan mengajarkannya kepada putri-putri mereka.

Berikut beberapa cara agar putri kecil kita terbiasa menggunakan jilbab (menutup aurat)

  1. Membiasakan pada putri kecil memakai pakaian muslimah. Di era yang modern dan terbuka seperti saat ini memang sedikit susah menerapkannya, apalagi karena jilbab atau pakaian muslimah dianggap tertutup dan kurang modis. Tetapi sebagai orang tua kita dapat mensiasatinya dengan pakaian panjang, sopan dan rapi namun tampak modis. Saat ini juga sudah banyak trendsetter berjilbab, jadi bukan tidak sulit menyemangati putri kecil untuk selalu modis dan menutup aurat.
  2. Jangan lupa untuk selalu memberikan putri kecil kita motivasi (dalam menutup aurat). Selain agar putri kecil kita selalu percaya diri mengenakan pakaian yang menutup aurat, juga agar hubungan kita (orang tua) kepada putri kecil kita selalu harmonis, dengan memujinya maka hubungan kita dengannya akan berjalan harmonis dan terbuka. Tapi ingatlah bahwa jangan sampai kita memberi pujian terlalu berlebihan karena nantinya malah yang tumbuh pada diri putri kecil kita adalah pribadi yang rapuh dan tak sanggup menerima kritik. Memberi motivasi dan pujiaan kepadanya dengan sejujur-jujurnya dan tidak berlebihan.
  3. Memilih bahan pakaian muslimah yang nyaman untuk putri kecil. Walaupun pakaian muslimah memang panjang dan tertutup yang terlihat panas atau gerah tetapi apabila bahan yang digunakan adalah bahan yang nyaman maka putri kecil tidak akan risih mengenakannya.
  4. Menciptakan lingkungan yang mendukung putri kecil agar selalu menutup aurat. Sebagai orang tua kita pastilah tahu bahwa lingkungan adalah faktor penting yang mempengeruhi perilaku dan sifat anak. Contoh gampangnya adalah dengan memilih ligkungan sekolah yang baik dan islami. Tapi apabila hal tersebut susah untuk diwujudkan (mengingat kemudahan akses dunia sekarang), sebagai orang tua kita tidak boleh menyerah untuk menasehati dan membimbing putri kecil kita.
  5. Ibunda harus memberi contoh. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, jika sejak awal bunda sudah memberi contoh mengenakan pakaian muslimah atau menutup aurat maka tidaklah susah membimbing putri kecil untuk menutup aurat. Karena idola sebenarnya para putri kecil adalah para orang tua yang baik.


    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s