Mengajari Buah Hati Kita Membaca Al Qur’an

Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu,  dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari no.5027)

Berikut kami berbagi tips tentang bagaimana mudah mengajari buah hati kita membaca al-qur’an.

Sebelum kita membacakan kepada anak kita ayat-ayat al qur’an, kita harus terlebih dahulu yakin bahwa anak kita telah benar-benar fokus dan menyimak apa yang kita baca. Supaya hal tersebut dapat dengan mudah terwujud berikut beberapa hal yang perlu orang tua ketahui :

  • Anak menyimak bacaan ayat qur’an sehingga sanggup menirukan setiap harakat, huruf dan wakaf secara benar.
  • Bacaan atau lantunan yang merdu akan membuat anak menjadi khusyu’ dan menghormati setiap bacaan qur’an. Selain itu juga melatih anak panjang pendek harakat dan tajwid.
  • Alangkah lebih baik jika orang tua tidak terlalu memaksa anak agar cepat bisa lancar membaca al qur’an. Memberinya bacaan-bacaan yang ringan terlebih dahulu dan menjelasakan makna ayat perayat akan memudahkan sang buah hati dalam mempelajari qur’an.
  • Sering memutarkan lantunan/melantunkan ayat al qur’an kepada buah hati.
  • Anak diminta membaca ayat dari suatu surat sepenggal demi sepenggal lebih dari sekali. (Mengulang-ulang tapi juga perlu diketahui tingkat kebosanan sang anak).
  • Orang tua atau pengajar dianjurkan segera membenarkan bacaan qur’an anak yang salah tanpa harus menundanya. Hal ini dilakukan untuk menghindari lupa dan membiasakan sang buah hati selalu benar bacaannya sampai dewasa kelak.
  • Jika buah hati yang sedang belajar membaca qur’an lebih dari satu orang, suruh salah satu diantara mereka membaca dan yang lain menyimak serta mengkoreksi. Begitu terus menerus dan dilakukan secara bergantian.
  • Untuk beberapa karakter anak ada yang bertipe mudah menyerap pelajaran jika ia paham makna dari apa yang ia pelajari. Biasakan mendiskusikan arti atau makna suatu ayat (yang ringan-ringan terlebih dahulu).
  • Jangan lupa memberitahu kepada buah hati bahwa membaca qur’an adalah perintah agama yang mana melakukannya akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.
  • Orang tua atau pengajar harus mempunyai target untuk progress bacaan qur’an anak, dengan melihat kemampuan anak dalam menangkap pelajaran.

Untuk saat ini hanya beberapa tips di atas saja yang bisa kami berikan. Mungkin seiring berkembangnya zaman berkembang pula metode pengajaran menuju ke arah lebih baik. Perlu diingat bahwa mengajar si buah hati membaca al qur’an hal yang paling dibutuhkan adalah kesabaran. Karena ibu dari segala kerja keras adalah sabar. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s