Tentang Ramadhan Camp

Apakah aku bisa menjalani 1 mingguku kedepan dengan anak anak yang belum aku kenal, ramadhan camp kali ini ada perbedaan dengan tahun yang lalu. Pesertannya bukan anak-anak lagi melainkan para remaja yang mulai bertingkah. Aku takut mereka akan membuat masalah di desa Sumber Brantas nantinya, tapi aku harus optimis bahwa aku akan bisa mengajak mereka untuk selalu bergembira.

Anganku ditengah perialanan menuju Desa Sumber Brantas kecamatan Batu, malang. Belum sampai aku melanjutkan lamunanku bis yang kami tumpangi tiba di lokasi ramadhan camp tempatnya di TPQ dan TPA al-Hidayah kami disambut dengan dua rekan yang telah datang duluan.

Pertama kali datang kupandangi sekeliling tempat ramadhan camp, “subhanallah” sungguh indah ke keagungan Mu tak henti-hentinya aku melampiaskan ketajubanku.

Hari pertama kami lalui dengan sempurna, mulai dari perkenalan, pembentukkan kelompok, sampai canda tawa sudah mulai keluar dari setiap senggang waktu kami, tetapi hati kami merasa sedih ketika kulihat peserta wanita berkumpul, mereka menangis ingin pulang, kangen dengan mama karena tempatnya yang dingin dan tidak ada fasilitas kasur seperti di rumah. Sebagai instruktur aku coba menenangkan mereka apakah kondisi seperti ini bisa dilanjutkan???

Hari akan ku jalani pagi ini aku harus ceria dan bisa mengobati kesedihan mereka. Acara pertama diawali dengan bersosialisasi dengan masyarakat. Para pesera harus menggali informasi sebanyak banyaknya tentang Ds. Sumber Brantas dari masyarakat setempat. Banyak kelucuan yang terjadi bahkan masyarakat tidak menyangka kalau mereka adalah anak anak yang masih berstatus pelajar SMP atau SMA. Semakin sore acara semakin menarik, gelak tawa terdengar dengan sempurna. Di hari ke 2 semua menggunakan kostum hitam karena karena acara semakin menarik karena Out BOND ke kepemandiam air panas Cangar. Di tempat itu banyak kagiatan yang berlangsung mulai dari permainan hingga materi demi materi yang mengesankan seperti kesehatan reproduksi dan kepemimpinan. Pada hari ini yang paling mengesankan adalah 2 peserta yang berani mempersilakan pindah 2 muda mudi yang sedang pacaran di depan kami.

Hari ke 3 dan hari-hari selanjutnya semakin membuat erat tali silaturrahmi antar sesama peserta, dan peserta dengan tutor semua kegiatan dapat terlaksana dengan sempurna seperti karnaval, outbond, sholat terawih, sosialisasi dengan masyarakat, panen wortel dengan masyarakat, dapat tersampaikan diantaranya : Tafsir, aqidah, kristologi, problematika remaja, kesehatan, dan materi reproduksi.

Di hari terakhir ini aku merasakan aneh dengan hatiku rasanya aku enggan pulang aku berdoa semoga Allah memperlambat waktu hari ini biar aku bergembira dengan para peserta. Hari ini tidak ada materi yang berat hanya membuat hiasan ruang TPQ Al Hidayah. Aku sangat terkejut kalau dari ruang ini instruktur para peserta terlihat diam tindakan peserta tidak biasa semua terdiam dan membersikan semua ruangan.

“Kok diam,” Tanyaku.
“Mbak Rifat, apa pulang nya ngak bisa di tunda 1 hari satu hari saja,” minta peserta.
“ya gak bisa, pertemuan pasti ada perpisahan.”

Para teman-teman instruktur berkumpul di depan para peserta, mereka mencoba menenangkan para peserta yang ingin menambah hari untuk Ramadhan camp di Desa Sumber Brantas, mereka mengungkapkan semua alasan kenapa mereka tetap ingin bertahan. Terharu aku mendengar percakapan antara peserta yang diantaranya Yudhis Pramana, Bagas, Gradian, Ryani, Prita, Susi, Rina, Aryo, Vita, Yudha, Sandi, dll dan para instruktur Wiwit, Laili, mas Nafi dan aku sendiri yang hanya duduk melihat mereka semua. Akhirnya dengan membawa kesenangan karena akan bertemu dengan orang tua.

“Ya Allah…terima kasih aku panjatkan kepada Mu semua kegiatan telah selsesai…

Catatan harian Rifat Darajat (Instruktur) Ramadhan camp. 2006/Ramadhan 1417 H.

Leave a Reply

